Baja struktural adalah bahan yang digunakan untuk konstruksi baja, yang dibentuk dengan pola tertentu mengikuti standar tertentu dari komposisi kimia dan kekuatan tertentu pula. Juga dapat didefinisikan sebagai produk canai panas, dengan penampang bentuk khusus seperti siku, pipa dan balok.


Tindakan yang telah diambil oleh otoritas baja struktural untuk ketersediaan  baja struktural pada waktu untuk berbagai proyek. Orang-orang di setiap tingkatan bekerja keras untuk mewujudkan tujuan memproduksi baja tepat waktu, seperti, pusat pelayanan, produsen, perakit dan erectors bersama dengan kontraktor umum, insinyur dan arsitek semua bekerja bergandengan tangan. Baja selalu lebih disukai untuk beton karena baja menawarkan ketegangan yang lebih baik dan kompresi sehingga mengakibatkan dalam konstruksi ringan. Biasanya baja struktural menggunakan tiga gulungan dimensi sehingga membuatnya lebih besar dari itu rekan beton. Ada beberapa teknik baru yang berbeda yang memungkinkan produksi dari berbagai macam struktur dan bentuk, prosedur sebagai berikut:

  • Presisi tinggi stres analisis
  • Komputerisasi analisis stres
  • Inovatif jointing

Baja struktural di seluruh dunia mendominasi skenario konstruksi. Bahan ini telah digunakan dalam konstruksi mendalam berbagai seluruh dunia karena berbagai karakteristik itu khusus yang sangat cocok untuk konstruksi. Baja struktural tahan lama dan dapat juga dibentuk untuk memberikan bentuk yang diinginkan untuk memberikan tampilan utama untuk struktur yang telah dibangun. Ada menyebutkan Kubah super terletak di Amerika Serikat dan The Dome Fukuoka Jepang, keduanya berbicara dengan bahasa yang unik dari kemampuan yang unik dari baja struktural.

Jenis baja struktural:
Berbagai jenis bagian baja struktural dan spesifikasi teknisnya adalah sebagai berikut:


Aplikasi:
Bagian baja struktural biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan, menara saluran transmisi (TLT), gudang industri dan lain-lain struktur dan juga ditemukan sebagai aplikasi dalam pembuatan kendaraan otomotif, kapal dll