Pipa tersedia dengan ukuran yang berbeda sesuai dengan penggunaan yang - paparan tekanan tinggi atau rendah

sehingga, ukuran atau pengukuran pipa atau tabung digunakan dalam mendefinisikan penggunaannya. Diameter pipa baja dibuat tergantung pada penggunaan serta ketebalan dinding.

Pipa baja dilas non-paduan dari lingkaran penampang tidak lebih dari 406,4 milimeter (16 inci) di luar pipa baja diameter dikategorikan di bawah "Pipa Baja Standar". Terlepas dari ketebalan dinding, permukaan pipa baja standar bisa hitam, galvanis, atau dicat sedangkan permukaan  dapat polos, miring, berulir, atau threaded atau gabungannya. Ukuran standar yang belum selesai saluran pipa baja juga datang di bawah kategori yang sama.

Pipa-pipa baja standar dimaksudkan untuk penyampaian tekanan rendah air, uap, gas alam, cairan lain dan gas dalam sistem pipa dan pemanas, unit AC, sistem sprinkler otomatis, dan penggunaan terkait lainnya. Pipa baja standar dan tabung juga dapat digunakan untuk cahaya beban aplikasi seperti, pipa pagar, pipa tubing struktural anggota framing dan dukungan untuk tujuan rekonstruksi atau load-bearing di, galangan kapal konstruksi, peralatan truk, pertanian, dan industri terkait .

Pipa Baja Standar dapat berupa resistensi mulus, sambungan dilas listrik tunggal atau dilas ganda.
  • Seamless:
    Ini dibentuk dengan menggambar sebuah tali yang kokoh pada batang menusuk dan membuat shell berongga. Sebuah pipa seamless dapat menahan lebih banyak tekanan, dan juga lebih tersedia daripada yang dilas. Pipa-pipa ini disebut sebagai pipa seamless. Hal ini banyak digunakan di bagian mesin, silinder tekanan tinggi hingga 75000 PSI. Pipa ini umumnya lebih ringan dengan dinding tipis dan sebagian besar digunakan untuk mengangkut cairan.

  • Welded ( Di las ):
    Sambungan  pipa di las, tepi dari dua pipa dibawa bersama-sama dan disegel. profilnya lebih berat dan tangguh, lurus dan konsisten. Pipa-pipa sebagian besar digunakan untuk transportasi gas. Hal ini jarang digunakan di bawah tekanan tinggi.

 

Pipa Schedule 40

Pipa Schedule 40 adalah pipa yang mempunyai ukuran ketebalan yang sudah baku yang ditetapkan oleh ANSI (American Nation Standart Institute) SCH adalah parameter untuk mengukur ketebalan dinding dengan ID. Sedangkan kode 40 adalah menunjukan kekuatan pipa bisa tahan sampai 40 bar. Produk pipa sch 40 ada seamless juga welded . untuk seamless tidak belum ada produksi Lokal semua produk seamless  saat ini adalah produk import.